Review: Trend Insights’s Blog

Halo Pembaca, salam sejahtera untuk kita semua.

Saat ini terdapat banyak sekali blog yang bertebaran di dunia maya. Berbicara mengenai blog, apakah Pembaca pernah melihat blog Trend Insights sebelumnya? Kalau belum, boleh kunjungi sejenak situs Trend Insights ini.

Pada tulisan kali ini saya akan melakukan review singkat mengenai blog tersebut. Mengapa saya melakukan review pada situs tersebut? Tidak lain tidak bukan adalah karena merupakan salah satu tugas dari mata kuliah “Creativity and Innovation”, mata kuliah SBM yang saya ambil di semester 8 ini. Oke, challenge accepted.

trend

First Impression

Ketika pertama kali saya mengunjungi situs Trend Insight, kesan pertama yang timbul adalah “Wah beranimasi!”. Wah keren juga ya ada blog yang animasinya cukup atraktif dan tidak terlalu mencolok. Halaman penuh dengan gambar yang bervariasi dan kotak-kotak berisi tulisan dengan warna dasar abu-abu. Kesannya simpel dan damai.

Ketika cursor diarahkan menuju salah satu gambar atau kotak di sana, animasi kecil pun terjadi. Gambar atau kotak itu melakukan flip dan menampilkan suatu informasi. Cukup gaul juga ya. Ketika melihat tagline situs yaitu “Designs. Inspirations. Innovations.”, asumsi awal blog ini menampilkan berbagai foto dan informasi yang berkaitan dengan desain, inspirasi, dan inovasi.

Di sisi kanan terdapat panel hitam kecil. Karena tipikal orang Indonesia adalah selalu ingin tahu, termasuk saya, maka dengan penasarannya saya coba klik panel tersebut. Ternyata panel tersebut berisi “About Me”, “Blog Archive”, dan sebagainya.

Impresi awal? Nice blog.

Impresi awal? Keren.

Various Themes

Pada awalnya mengira menu di halaman atas itu akses menuju ke halaman yang berbeda, ternyata oh ternyata, “menu” itu merupakan pilihan untuk mengganti tema.

Pilihan tema yang bisa diubah.

Pilihan tema yang bisa diubah.

Cukup mengesankan saya bahwa blog ini bisa ditampilkan dengan berbagai tema dan bisa diubah sesuai dengan selera dari pengunjung situs.

Snapshot, tema favorit saya.

Snapshot, tema favorit saya.

Nice dan Fun Content

Ternyata asumsi awal saya benar, blog ini berisi berbagai informasi yang berkaitan dengan desain, inspirasi, dan inovasi. Banyak informasi baru, terutama inovasi (produk), yang saya dapatkan dari blog ini. Tak disangka ada saja ya orang yang berinovasi seperti itu. Dalam benak kita pasti berkata, “Kok bisa kepikiran buat seperti itu ya?”

Funky Chair

Keyboard Chair

Dalam situs itu ternyata hiburan bisa ditemukan juga loh. Contohnya ini:

FedEx, always first.

Advertisement – FedEx, always first.

Conclusion

Setelah eksplorasi secara umum di blog Trend Insights ini, kesimpulannya adalah blog ini cukup kreatif, informatif, dan menghibur, sehingga layak untuk dikunjungi sembari mengisi waktu luang. Kalau ada kekurangan mengenai blog ini, mungkin karena menggunakan berbagai animasi dan melakukan load content yang cukup banyak (berat), sehingga kalau pengunjung situs memiliki kecepatan internet yang lambat (seperti di Indonesia) tentunya user experience menjadi tidak seperti yang diharapkan. Overall, nice blog.

Leave a Reply

