Baterai Ponsel Drop? Ini Penyebabnya

Hai Pembaca, selamat pagi!

Saat ini saya sedang membaca koran Kompas edisi Sabtu 16 Februari 2013 dan menemukan artikel ini di bagian “Klasika” yang sepertinya cukup bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita. Yuk mari disimak, ini dia:

Low Battery

Low Battery

Penyebab Baterai “Nge-drop”

Hal menyebalkan ketika menggunakan ponsel adalah baterai yang tiba-tiba drop. Hal ini mungkin pernah Anda alami. Memang kini banyak orang yang membawa power bank. Namun tahukah Anda kenapa baterai ponsel cepat nge-drop?

Baterai baru memang menjadi kualitas daya tahan yang lama. Namun, jika Anda menggunakan dengan semena-mena, baterai tersebut lama-kelamaan akan nge-drop juga. Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pengisian Pertama

Ketika membeli ponsel baru, saat itulah usia baterai Anda dimulai. Agar baterai dapat tetap berumur panjang, ada baiknya Anda memerhatikan proses pengisian pertama. Hal ini dikarenakan ketika pertama kali mengisi baterai, saat itu juga Anda sedang mengaktifkan seluruh sel dalam baterai agar berfungsi maksimal. Jadi, bisa dikatakan bahwa proses awal ini akan menentukan usia baterai pada masa depan.

Perhatikan Lama Pengisian

Rata-rata waktu mengisi baterai yang ideal adalah sekitar 2 jam. Namun, karena malas menunggu, tak jarang kita meninggalkan ponsel yang sedang diisi baterainya. Jika ditinggal sebentar sih tak apa, tetapi kita biasa meninggalkan baterai yang diisi sambil tidur. Bayangkan jika Anda terbiasa tidur pukul 21:00, pastinya baterai akan terisi selama lebih dari 2 jam. Hati-hati, jika baterai terlalu lama diisi penuh, bisa-bisa komponen di dalamnya menjadi rusak. Memang ada charger yang secara otomatis tak mengisi ketika baterai sudah penuh. Namun, bagaimana jika charger Anda tak otomatis?

Mengisi di Arus yang Tak Stabil

Bagi yang terbiasa pergi ke mana-mana dengan mobil, charger mobil tentu sangat berguna. Namun, voltase pada mobil biasanya sering tak stabil. Hal ini tentu mengakibatkan tak stabilnya arus listriknya masuk ke dalam baterai. Jika hal ini terjadi terus-menerus, kerusakan komponen baterai dapat terjadi. Oh iya, hal serupa juga bisa terjadi bagi Anda yang suka mengisi ulang via kabel data di komputer atau laptop.

Menggunakan Ponsel ketika sedang Diisi

Anda mungkin termasuk orang yang suka menggunakan ponsel ketika sedang diisi baterainya. Entah karena kebiasaan atau tak sabar, ternyata kebiasaan ini dapat merusak komponen molekul dalam baterai. Hal ini terjadi karena ketika ponsel menyala lalu digunakan, akan terjadi arus keluar masuk di dalam baterai. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengisi baterai dalam keadaan ponsel mati. [INO]

Semoga bermanfaat!

Posted from WordPress for BlackBerry.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s