Resume: How to Enhance Creativity in School Children

Hello, Readers.

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat resume dari sebuah artikel yaitu How to Enhance Creativity in School Children dari situs Creative Overflow. Percayalah, ini menarik karena masih dalam konteks Creativity and Innovation. Yuk mari kita simak sejenak.

Menjadi seseorang yang kreatif ternyata merupakan bagaimana menemukan cara-cara yang inovatif untuk menyelesaikan persoalan, menghasilkan ide-ide baru, dan membuat sesuatu menjadi lebih baik. Sebuah riset menunjukkan bahwa memiliki kreativitas itu penting dan sebaiknya dimulai sejak dini. Dengan meningkatkan kreativitasnya, siswa akan mendapatkan manfaat di akademis dan perkembangan secara emosional.

Berkaca mengenai pendidikan di Indonesia, sayangnya metode pembelajaran yang berlangsung sekarang di sekolahan pada umumnya bisa dibilang belum cukup kreatif. Hampir semua orang di Indonesia pastinya bisa menggambar pemandangan dengan dua gunung dan terdapat matahari di tengah atau di samping atas, itu salah satu “kreatif” yang diajarkan ketika kecil. Hanya terdapat beberapa sekolah yang sudah mengajarkan kreativitas lebih di sekolah pada usia dini.

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan perbaikan, namun selama masih diizinkan oleh-Nya. Perbaikan menuju kreatif bisa dilakukan melalui metode pembelajaran di sekolah. Guru sebagai pengajar di sekolah, berperan penting dalam membuat anak didiknya menjadi kreatif. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh guru, berikut diantaranya:

Word Games

Permainan kata-kata merupakan cara yang bagus untuk mendukung pemikiran kreatif karena memungkinkan anak-anak untuk membuat keterhubungan dari kata-kata yang berbeda.

Salah satu Word Games untuk anak-anak.

Ilustrasi Word Games

Visual Thinking Games

Permainan yang menggunakan pemikiran visual itu ternyata bagus karena mendorong anak-anak untuk bervisualisasi dan menggunakan imajinasi mereka. Visualisasi dan imajinasi merupakan aspek penting dari berpikir kreatif. Contohnya tampilkan sebuah gambar abstrak dan dengarkan apa kata mereka mengenai gambar itu.

Ilustrasi.

Ilustrasi Visual Thinking Games

Drawing Games

Beberapa jenis permainan gambar dapat membantu siswa untuk membangun konsep yang ada, pengetahuan, ide-ide, dan kunci lain dari aspek kreativitas.

Salah satu contoh Drawing Games.

Ilustrasi Drawing Games


Mendorong kreativitas pada siswa tidak hanya akan melayani mereka dengan baik selama di sekolah, tetapi juga akan mengembangkan keterampilan mereka sebagai bekal ketika mereka dewasa kelak. Seperti kata Kelli Cooper:

Creativity is not just about being good at drawing or some other creative art form. As a teacher, you have an opportunity to help students develop something that will enhance all aspects of their life.

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat dan salam sejahtera untuk kita semua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s