Resume: Java Jazz Festival 2013

Masih dari tugas CI untuk menghadiri 2 dari 8 event-event berikut, kali ini saya malah menghadiri event ke-3 yaitu Java Jazz Festival 2013 yang tahun ini berlokasi di JI Expo Kemayoran.

Sebelumnya setelah bertahun-tahun hanya mengetahui kalau Java Jazz Festival ini diadakan rutin setiap tahunnya, akhirnya saya diberikan kesempatan untuk datang juga ke event besar di Indonesia ini yaitu pada tahun 2013.  Acara JJF 2013 ini diadakan selama tiga hari, yaitu tanggal 1 sampai 3 Maret 2013. Saya datang ke JJF ini pada tanggal 2 Maret 2013 dan datang mulai pukul 16:00.

Sebenarnya karena ada promo tiket Buy 1 Get 1 Free, jadinya saya berbagi tiket dan harga bersama teman saya. Yuk mari disimak resume dari saya ini mengenai pergelaran akbar Java Jazz Festival 2013 di Indonesia ini:

Java Jazz Festival 2013

Java Jazz Festival 2013

Awal mulanya saya mengira Java Jazz Festival itu murni hanya pertunjukan musik oleh musisi lokal maupun internasional. Ternyata anggapan saya itu salah, di JJF 2013 ini terdapat sebuah area besar di tengah yang isinya stand-stand berbagai brand yang memasarkan produknya atau jasa.

Ada juga beberapa stand yang memanjakan pelanggannya dengan keuntungan tertentu karena memakai produknya atau karena menjadi pelanggan premium. Selain di area besar tersebut, beberapa brand juga memasarkan produknya di area-area tertentu di JJF 2013.

Area besar berisi stand-stand berbagai brand.

Area besar berisi stand-stand berbagai brand.

Stand yang memasarkan alat musik.

Stand yang memasarkan alat musik.

Saya berkeliling sejenak di area JJF 2013 ini yang cukup luas dan menemukan beberapa hal menarik untuk para pengunjung JJF. Diantaranya adalah terdapat beberapa Charging Spot dan papan informasi yang touch screen.

Terdapat photo booth juga di beberapa tempat dan foto tersebut bisa langsung diunggah ke profile Facebook dan Twitter yang difoto. Vending machine juga banyak tersedia bagi mereka yang ingin melepas dahaga. Yang tidak kalah penting adalah toko official merchandise dari JJF 2013.

Charging Spot

Charging Spot

Papan informasi digital.

Papan informasi digital.

Official Merchandise

Official Merchandise

Yang tidak kalah menarik adalah terdapat stand hiburan berupa games yang hadiahnya adalah iPod Shuffle. Cara bermainnya adalah mengucapkan kata “Jazz” dari nada rendah ke nada tertinggi yang pemain bisa dalam dalam jangka waktu tertentu. Terlihat stand games ini banyak memikat pengunjung dan banyak yang mencobanya. Banyak yang gagal dan hanya mendapatkan hadiah kecil dari permainan ini.

Jazzy High Note Challenge

Jazzy High Note Challenge

Setelah puas berkeliling akhirnya saya berkeliling untuk mencari panggung yang sedang main untuk menikmati musik Jazz. Di JI Expo ini terdapat beberapa Hall yang bisa saya bilang tempatnya besar dan luas serta kondisi ruangan yang cukup dingin karena Full AC disertai dengan banyak kursi untuk para pengunjung.

Yang pertama saya kunjungi adalah panggung outdoor di mana ada The ExtraLarge sedang tampil. Berikut cuplikannya berupa video yang saya rekam:

Sejujurnya saya tidak begitu tahu jadwal atau siapa yang akan main sehingga saya berkeliling dan pindah-pindah. Berikutnya saya ke PAC Martha Tilaar Stage dan ternyata ada Kaori Kobayashi yang sedang tampil dan tempat ini tampak ramai oleh pengunjung. Permainan musiknya smooth dan dia tampil enerjik. Saya sempat merekam ketika dia tampil, berikut cuplikannya:

Setelah puas dengan beberapa pertunjukan dari berbagai musisi, rasa lapar pun tiba. Di JJF 2013 ini terdapat area foodcourt yang cukup besar dengan banyak sekali pilihan makanan di sana. Ternyata saya baru tahu kalau mau makan di sana, bayarnya harus menggunakan kartu BNI prepaid. 

Jika pengunjung tidak memiliki kartu tersebut tentunya tidak akan bisa membeli apa-apa di area foodcourt itu. Berarti mau tidak mau setiap pengunjung yang tidak memiliki kartu tersebut harus mendaftar terlebih dahulu ke BNI, memang terdapat stand khusus BNI yang menerima pendaftaran kartu prepaid.

Menurut saya, BNI bagus juga ya caranya untuk membuat banyak pelanggan baru jadi menggunakan kartu BNI prepaid namun sedikit merepotkan sebagian pengunjung yang tidak memiliki kartu itu. Untung teman saya ada yang memiliki kartu tersebut jadi urusan perut tidak menjadi masalah.

Foodcourt di JJF 2013.

Foodcourt di JJF 2013

Selanjutnya saya kembali berkeliling untuk menyaksikan pertunjukan musik di JJF 2013 ini. Saya menyaksikan pertunjukan musik dari Indro and the Fingers. Permainan bass mereka sungguhlah luar biasa. Saya cukup menikmatinya. Ternyata Tompi juga berkolaborasi dengan mereka, semakin menikmati jadinya.

Indro and the Fingers

Indro and the Fingers

Setelahnya saya pindah ke Telkomsel Hall dimana ada D’Masiv Jazz Project yang akan tampil. Tak disangka banyak pengunjung juga menuju Hall tersebut dan di dalam Hall seluruh kursi terisi dalam waktu yang tidak lama. D’Masiv yang bisa dibilang cukup baru di dunia musik Jazz, mereka membawakan lagu-lagu hits mereka dengan alunan Jazz. Ternyata lagu-lagu mereka menjadi berbeda rasanya dan menghibur banyak penonton di Hall tersebut.

D'Masiv Jazz Project

D’Masiv Jazz Project

Setelah dari D’Masiv Jazz Project, saya berpindah ke Hall dimana ada Marcus Miller yang sedang tampil. Ternyata Hall tersebut penuh dan sesak sehingga saya menjadi kurang menikmatinya. Saya diajak ke Telkomsel Hall lagi oleh teman saya karena ada Fourplay yang akan tampil, jadi saya ikut saja.

Ternyata Fourplay ini merupakan artis yang sangat dinanti oleh para pengunjung Java Jazz di tahun ini. Antrian sangat panjang mewarnai antusiasnya para pengunjung menanti Fourplay. Untung saya antri di awal sehingga saya bisa dapat tempat duduk di daerah tengah agak ke depan.

Fourplay ternyata tampil sangat memukau para pengunjung dengan hitshits andalannya seperti “Max-o-man”, “Chant”, “Gentle Giant”, dan lagu-lagu populer lainnya. Saya sangat menikmati penampilan mereka. Mereka beberapa kali juga tampil menghibur dan membuat para pengunjung tersenyum dan tertawa. Ini merupakan pertunjukan terakhir yang saya kunjungi di JJF 2013 dan Fourplay merupakan penutup yang manis menurut saya.

Fourplay

Fourplay

Secara umum, saya sangat puas dengan event akbar tahunan ini. Walaupun saya baru pertama kali menghadiri Java Jazz Festival, saya menjadi tertarik untuk kembali mendatangi event JJF di tahun depan untuk menikmati alunan musik Jazz.

Jazz up the world!

Leave a Reply

