Field Trip CI: Kepompong Gendut

Ceritanya pada tanggal 25 April 2013 para peserta CI melakukan field trip ke sebuah production house yang terletak di Jl. Bali No. 7, Bandung. Setelah hampir 4 tahun kuliah di ITB, akhirnya bertemu juga dengan mata kuliah yang ada acara jalan-jalannya.

Pagi hari yang cerah, ternyata oh ternyata, kami dibawa ke tempat Kepompong Gendut, sebuah production house film-film indie Indonesia.

The Fat Cocoon

The Fat Cocoon

Kami bertemu dengan Sammaria Simanjuntak, sosok yang cukup tenar dalam sinema dan sutradara di Indonesia. Beliau menceritakan kisahnya ketika dia seorang lulusan arsitektur ITB, bekerja sebagai arsitek lalu mengundurkan diri, dan menemukan dirinya ternyata tertarik dalam bidang film dan sutradara.

Ketertarikannya dan kerja kerasnya menghasilkan film cin(T)a pada tahun 2009. Saya dahulu menyaksikan cin(T)a dan menurut saya filmnya bagus dan menyentuh hati.

cin(T)a

cin(T)a

Selanjutnya dia bercerita Kepompong Gendut, mereka menyebutnya juga The Fat Cocoon. Mengutip dari situs GeekFest Bandung 2012, berikut deskripsi dari Kepompong Gendut:

PT Kepompong Gendut adalah sebuah perusahaan film amatir yang didirikan dengan cinta oleh Sammaria Simanjuntak pada tahun 2011. Film panjang pertamanya, Demi Ucok merupakan film Indonesia pertama yang didanai oleh massa dan akan rilis pada akhir 2012. Di sela-sela pembuatannya, PT Kepompong Gendut juga membuat beberapa film pendek seperti 7 Deadly Kisses (Berlinale 2012) dan Emit (Europe On Screen 2011).

Singkat cerita, semua ilmu yang dia dapat dari orang-orang berpengaruh dalam dunia film dituangkan dalam karya-karya filmnya, bersama Kepompong Gendut, film Demi Ucok membuat namanya melambung tinggi dalam industri film Tanah Air. Karyanya ini masuk nominasi dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2012 dan meraih penghargaan juga di Piala Citra 2012.

Film Demi Ucok mendapat apresiasi yang tak terduga. Yang menarik adalah biaya produksi film ini sukses didapat dari crowd funding, alias saweran dana dari orang banyak dan setiap kontributor dituliskan namanya di poster film Demi Ucok.

Demi Ucok

Demi Ucok

Benar-benar sebuah rumah yang sederhana, namun percayalah production house ini menghasilkan karya-karya yang mengagumkan dan membanggakan.

Sammaria Simanjuntak menunjukkan ke kami bahwa sebuah ide yang sederhana namun dijalani dengan niat dan serius dapat menghasilkan mahakarya yang indah. Jika ingin menciptakan sesuatu, kita harus mengetahui siapa target kita.

Masih penasaran seperti apa Kepompong Gendut, coba sejenak buka situsnya.

Mari berkreasi dan berinovasi!

Advertisements

One thought on “Field Trip CI: Kepompong Gendut

  1. Pingback: Field Trip CI: Kepompong Gendut | I Am WHAT I Am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s